Sudah Ada DSN, Kenapa Harus Ada DPS?

Posted on 30 June 2009. Filed under: Ekonomi Syariah |


cihuy.tk
Dewan Syari’ah Nasional (DSN) dibentuk oleh Majelis Ulama Indonesia dengan tugas mengawasi dan mengarahkan lembaga-lembaga keuangan syari’ah berkaitan dengan penerapan nilai-nilai ajaran Islam dalam kegiatan perekonomian dan keuangannya. Kehadiran DSN sangat diperlukan seiring dengan
perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Untuk lebih mengefektifkan pelaksanaan tugas dan fungsi dari DSN, maka perlu adanya DPS (Dewan Pengawas Syariah). DPS diangkat berdasarkan rekomendasi dari DSN. Dimana nantinya DPS bertugas di masing-masing lembaga keuangan syariah seperti bank syariah, asuransi syariah dan lainnya.

DPS seperti dilansir MUI online mempunyai beberapa tugas yaitu : melakukan pengawasan secara periodik pada lembaga keuangan syariah yang berada di bawah pengawasannya, berkewajiban mengajukan usul-usul pengembangan lembaga keuangan syariah kepada pimpinan lembaga yang bersangkutan dan kepada DSN, melaporkan perkembangan produk dan operasional lembaga keuangan syariah yang diawasinya kepada DSN sekurang-kurangnya dua kali dalam satu tahun anggaran serta merumuskan permasalahan-permasalahan yang memerlukan pembahasan Dewan Syariah Nasional.

Jadi berdasarkan penjelasan diatas, bisa dikatakan bahwa DPS itu bertindak sebagai internal auditor untuk masalah-masalah syariah di masing-masing lembaga keuangan syariah. (aml)

http://www.pkesinteraktif.com

About these ads

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: