Komedo ?no way

Posted on 26 June 2009. Filed under: Beauty N Fashion |


komedo
Selain jerawat, yang paling sering dikeluhkan oleh wanita adalah komedo. Hidung merupakan “tempat favorit” tumbuhnya si “hitam” kecil itu. Komedo memang tak menimbulkan apapun selain menggangu penampilan. Tapi Anda tidak mau kan jika harus keluar rumah dengan hidung penuh bintik-bintik hitam
Image Komedo dikatakan sebagai struktur, tahap atau bentuk awal dari jerawat. Komedo terbentuk karena penyumbatan saluran kelenjar minyak yang disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan pada kulit. Komedo dapat dibagi menjadi dua yaitu whitehead dan blackhead.Whitehead merupakan komedo tertutup, yaitu gumpalan massa sebum yang terjadi dibawah permukaan kulit. Terlihat seperti titik putih kekuningan. Permukaannya tertutup oleh epitel kulit yang membuatnya sulit untuk dikeluarkan. Sedangkan blackhead adalah komedo terbuka yang terdiri dari gumpalan massa sebum yang tampak seperti titik hitam pada permukaan kulit wajah dan tidak tertutup oleh epitel kulit, sehingga lebih mudah dikeluarkan.Komedo bisa tumbuh karena tidak terjaganya kebersihan kulit wajah akibat polusi dan kelembapan udara terutama udara panas. Juga karena penyumbatan pori-pori akibat kotoran ataupun kosmetik. Kesemua itu dapat mempengaruhi keadaan kulit dan merangsang kelenjar minyak kulit menjadi lebih aktif, sehingga membantu pertumbuhan komedo.
Untuk mengusirnya dari wajah, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:
1. Bersihkan wajah dengan belimbing wuluh yang ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit air garam. Bubur belimbing wuluh ini akan memberikan rasa sejuk dan memperkecil pori-pori kulit.
2. Cuci wajah dengan sabun wajah yang disesuaikan dengan jenis kulit. Pilih yang mengandung ekstrak kenanga untuk kulit normal, ekstrak mawar untuk kulit kering atau ekstrak bunga tanjung untuk kulit berminyak
3. Bersihkan wajah dengan scrub, atau sabun muka yang mengandung asam salisilat (salicylic acid) atau AHA/BHA
4. Bersihkan wajah dengan scrub 2 kali seminggu, bilas dengan air dingin atau gunakan toner untuk merapatkan pori-pori.
5. Kulit wajah yang berkomedo biasanya adalah kulit yang berpori- pori besar hingga mudah ditumbuhi jerawat. Facial adalah langkah tepat untuk mengatasinya. Lakukanlah facial setiap 2 minggu sekali. Tetapi jika komedo terlihat cukup banyak, facial dapat dilakukan seminggu sekali namun kurangi porsi massage saat facial agar kelenjar minyak tidak semakin aktif dan membuat pori-pori cepat terisi komedo lagi. Selain itu, jaga kebersihan kulit. Bersihkan setiap pagi dan malam hari setelah beraktivitas.
6. Jika komedo membandel, Anda memang harus mengeluarkannya secara paksa dengan sendok una (alat ungkit komedo) atau plester pore strips. (Penulis: Firda).

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: