Proses Untuk menikah di Indonesia Secara Umum

Posted on 28 June 2009. Filed under: weddings |


NKHL
Menikah merupakan suatu tahap yang dilalui bagi awal mula sebuah kehidupan baru. Pernikahan juga membuat seorang pria dan wanita berpisah dari keluarga besar. Untuk acara pernikahan diperlukan persiapan yang matang agar menjadi acara yang tidak terlupakan dan membahagiakan bagi pihak mempelai, keluarga maupun rekan-rekannya. Berikut proses menikah secara umum di Indonesia :
• Calon Mempelai Pria harus membuat surat numpang nikah (biasanya disebut NA), Ini surat dari KUA (Kantor Urusan Agama) kecamatan tempat calon mempelai pria tinggal untuk diserahkan ke KUA kecamatan yang akan dilaksanakannya ijab kabul. Proses membuat NA ini
melalui beberapa tahap. Pertama, lapor ke RT, RW lanjut ke kelurahan baru ke KUA kecamatan. ini memerlukan biaya administra. Tapi, jika kedua pasangan tinggal di satu kecamatan tidak perlu membuat surat NA ini
• Calon mempelai wanita setelah mendapatkan surat NA dari calon mempelai pria harus memproses ke KUA kecamatannya. Disertai foto calon mempelai wanita dan calon mempelai prianya, lalu membayar biaya administrasi. Nanti KUA di kecamatan calon mempelai wanita akan memberikan daftar keperluan-keperluan yang dibutuhkan untuk menikah contohnya surat kesehatan, biaya untuk buku nikah dan penghulu.
• Untuk kedua pasangan mungkin menerapkan kebutuhan yang diperlukan, seperti memesan cincin kawin, membeli barang-barang untuk seserahan, sedangkan calon mempelai wanitanya luluran agar terlihat cantik.
• Menyiapkan undangan juga harus diperhitungkan. Soalnya undangan ini penting untuk menyebarkan berita gembira ke seluruh orang yang dekat atau yang kita kenal, supaya tidak terjadi salah paham nantinya.
• Undangan jadi, bukannya kita malah tenang, tapi pekerjaan tambahan menanti. kita harus mendaftar seluruh orang yang akan kita undang. Jika undangannya terbatas berarti kita harus memilih siapa saja yang kira-kira bakal diundang atau tidak. Setelah itu, kita sebarkan undangan, bisa lewat pos atau diantar langsung.
• Selanjutnya perapan pesta. Rata-rata hampir sama mau di rumah atau di gedung. Perapannya mulai dari upacara adat, katering, tenda, dekorasi, tata rias, pengeras suara (sound system) dan alat musik dan penyanyinya, tukang foto atau video. Jika di gedung hanya dikurangi tenda atau kadang-kadang ada juga gedung yang sudah menyediakan sound system. Jika ada dana berlebih, kita dapat menyewa wedding organizer (WO).
• Untuk acara kita harus menyiapkan panitia pelaksana, tidak mungkin pesta besar hanya diurus oleh dua atau tiga orang, namun butuh panitia. Seperti siapa yang akan menjadi pembawa acara, keamanan, penjaga makanan, pagar bagus dan pagar ayu, penerima tamu, petugas meja tamu, pemberi pidato, pembaca doa dan pengatur acara.
• Untuk calon mempelai pria, harus menyiapkan seserahan untuk di bawa ke tempat calon mempelai wanita. (Nola)

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

One Response to “Proses Untuk menikah di Indonesia Secara Umum”

RSS Feed for Selalu Berbagi di setiap waktu…..for DEWASA Comments RSS Feed

Sis bgai mn dng sya pihak wanita,sy berasal dr sumsel d clon sy dri jatim ponorogo. Krn wakt cuti kerj sy sedikit d untk mengirit wakt,sy memilih menikah dikampung calon sy yaitu diponorogo. D yg ingin sy tanyakan,surat ap saja yg sy btuhkan untuk menkah(KUA)nanti. Tas infony sy ucapkn bnyak trimksh..


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: