Kiat Syaithan Menggoda Manusia

Posted on 2 July 2009. Filed under: Artikel Islami |


syetn

Pekerjaan Syaithan sehari-hari adalah menggoda manusia agar terjebak dalam lingkaran kemaksiatan dan kedzholiman. Tujuannya adalah agar diakhirat kelak, manusia-manusia yang ikut larut dalam godaan Syaithan tersebut menjadi teman di neraka.

Begitupula usaha Syaithan untuk merayu dan menggoda seorang ahli ibadah, agar lalai dalam ibadahnya kepada Allah SwT. Namun kali ini,
si Syaithan terkena batunya. Ia merasa gagal dalam menggoda seorang ahli ibadah yang sangat khusyuk ini.

Si Syaithan ini berusaha menggoda ketika si ahli ibadah keluar rumah, Syaithan menggodanya dengan iming-iming syahwat dan maksiat yang sangat indah dan nikmat jika dilaksanakan oleh si ahli ibadah ini. Tapi cara ini tidak mempan.

Si Syaithan ini tidak kehabisan akal, dia cari cara lain agar si ahli ibadah ini dapat tergoda dengan rayuannya dan meninggalkan ibadahnya kepada Allah SwT yang selama ini ia lakukan. Ia cobda dengan rasa takut. Ia buat seolah-olah gunung besar akan runtuh dan menimpa si ahli ibadah. Tetapi si ahli ibadah tidak menghiraukannya, tidak bergeming sedikit pun. Ia teruskan ibadahnya dan berdzikir dengan khusyuknya hingga ia terhindar dari petaka itu.

Lagi-lagi si Syaithan mengeluarkan jurus selanjutnya, yaitu mengubah dirinya menjadi seekor ular yang berbisa, lalu menjalar dan meliliti tubuh lelaki itu mulai dari ujung kaki sampai ke kepalanya. Ketika sang ahli ibadah itu sedang sujud, ualar itu mengangakan mulutnya siap melahap kepala ahli ibadah itu. Mengetahui bahaya di hadapannya, si ahli ibadah initetap meneruskan shalatnya dan Cuma menyingkirkan tubuh ular itu dari tempat sujudnya. Akhirnya si Syaithan ini menyerah juga dengan kegigihan seorang ahli ibadah.

Si Syaithan mengakui kekalahannya dari si ahli ibadah, dan mengajukan tawaran agar bisa menjadi teman si ahli ibadah. Tetapi, si ahli ibadah dengan tegas menjawab, “ketika kau menggodaku dengan cara apapun aku tidak bergeming dan tidak takut, sekarang kau ingin menjadi sahabatku, itu tak perlu.” Bagaimanapun juga Syaithan adalah musuh yang nyata bagi manusia yang selalu berusaha menggoda manusia sampai terlaksana cita-citanya.

“Aku tidak membohongimu kawan, aku hanya merasa kasihan kepada keluargamu jika kamu terus menerus beribadah semacam ini, siapa yang mengurusi sanak keluargamu nanti jika kau tak ada?”

“Aku sudah mati sebelum mereka”, jawab ahli ibadah dengan tegas.

“Aku benar-benar ingin menjadi kawanmu, karena itu kutunjukkan kiatku menggoda manusia.” Ujar Syaithan.

“Kau menjadi sahabatkau tidak perlu, tapi kalau kamu mau menceritakan kiatmu apa saja dalam menggoda manusia silahkan”, kata si ahli ibadah itu.

Lalu si Syaithan menceritakan kiat-kiatnya menggoda manusia agar berbuat maksiat. Yaitu, dia buat manusia menjadi orang yang kikir, marah, dan mabuk. Dengan kikir manusia akan ketakutan kehilangan hartanya, sehingga manusia malas dan enggan untuk mengeluarkan hartanya di jalan Allah SwT, seperti Zakat dan Shadaqah. Sedangkan marah, membuat orang kehilangan akalnya. Dengan begitu memudahkan memainkannya seperti main bola. Meski orang itu sakti macam apa pun, ibaratnya bisa menghidupkan orang mati dengan doanya, jika sudah marah aku mudah mematahkan Cuma dengan satu kata. Begitu juga dengan mabuk, jika seseorang sudah mabuk tinggal mudah saja mengajak dia kepada kemaksiatan, menurut seperti seekor kambing gembalaan.
Mudah-mudahan kita bisa terus meningkatkan keimanan kepada Allah SwT, sehingga tidak mudah tergoda dengan jurus-jurus Syaithan tersebut. Wallaahu a’lam. (zar, pkesinteraktif.com)

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: