Sabarnya Allah Terhadap Hamba-Nya

Posted on 2 July 2009. Filed under: Artikel Islami |


Allah SwT telah menyediakan bumi dan seisinya untuk dikelola, dimanfaatkan, dan dieksploitasi oleh manusia, “Dialah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu….” (QS. Al-Baqarah [2]: 29). Dengan fasilitas bumi dan seisinya yang sangat luar biasa inilah kebutuhan manusia dari segala penjuru dunia dapat terpenuhi.

Namun demikian, tatkala Allah telah menyediakan segala macam kebutuhan dengan fasilitas yang luar biasa tersebut, Allah meminta kepada hamba-Nya agar mau melaksanakan ibadah kepada-Nya. “Tiadalah Kami menjadikan jin dan manusia, melainkan supaya mereka beribadah (mengabdi) kepada-Ku”, (QS. Adz-Dzariyat [51]: 56).

Pemberian yang sangat luar biasa yang Allah berikan secra ikhlas kepada hamba-Nya, sudah sepantasnyalah hamba-Nya membalas dengan melaksanakan keinginan Allah SwT, yaitu beribadah kepada-Nya. Mengikuti aturan yang telah ditetapkan-Nya dan menjauhi segala macam perbuatan yang dilarang dan yang tidak disenangi oleh Allah SwT.

Namun apa yang diperbuat oleh manusia? Kekayaan alam yang Allah berikan dieksploitasi secara berlebihan hingga merusak lingkungan hidup yang menyebabkan bencana alam seperti longsor, banjir, dan lain-lain. Kemaksiatan menjadi santapan pokok sehari-hari, dikeramaian umum pun sudah tidak malu-malu, malahan sekarang sudah dilokalisir, kemaksiatan menjadi aman tanpa gangguan dari pihak manapun. Dan masih banyak kemaksiatan yang terhampar di depan mata kita yang sangat mudah kita jumpai.

Tapi apa yang Allah lakukan, apakah Allah SwT yang Maha Agung langsung memberikan hukuman? Oh tidak, Allah tidak seperti itu. “Katakanlah, Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Alah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Az-Zumar [39]: 53).

Justru Allah masih memberikan pengharapan bahwa semua dosa hamba-hamba-Nya akan dia ampuni selama dosanya itu bukanlah dosa syirik (menyekutukan Allah). “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain syirik itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (QS. An-Nisaa [4]: 48).

Subhanallah. Betapa besar curahan kasih sayang Allah yang ditampakkan kepada hamba-Nya. Meskipun tidak sedikit hamba-Nya yang cuek, acuh tak acuh terhadap kasih sayang Allah tersebut. Satu contoh, ketika tiba waktu shalat, manusia diingatkan dengan seruan yang sangat indah, yaitu adzan.

Bukan hanya itu saja, dalam kehidupan ini, Allah tetap memberikan rizki kepada siapa saja hamba-Nya yang selalu berikhtiar dengan giat, meskipun hamba-Nya itu tidak melaksanakan perintah-Nya dan justru melanggar apa-apa yang dilarang oleh Allah SwT. Betapa sabarnya Allah menghadapi kita hamba-Nya yang selalu lalai kepada-Nya. Tidak langsung Allah berikan azab. Andaikan Allah langsung memberikan azab atas perbuatan yang dilakukan oleh hamba-Nya, niscaya dunia ini akan hancur lebur, tidak tersisa saat ini juga, detik ini juga.

Tentunya berbeda dengan kita, manusia. Ketika ada yang berbuat salah dengan kita, langsung amarah kita meluap-luap, dendam bersemayam di dalam dada, kalau bisa langsung membalasnya dengan balasan yang setimpal.

Allah tidak seperti itu, tidak. Allah selalu memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk memperbaiki segala macam kesalahan yang dilakukan, selama nafas ini belum putus dari raga.
Mudah-mudahan ini dapat menjadikan pelajaran dan muhasabah kita dalam kehidupan ini untuk terus mensyukuri nikmat yang Allah berikan, untuk terus beribadah kepada Allah SwT dengan ibadah yang sebaik-baiknya dan menjauhi larangan-Nya. Dan kita selalu mengingat betapa sayangnya Allah kepada hamba-Nya. Wallaahu a’lam (Zarkasih, pkesinteraktif.com).

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: