Hadits Hak Khiyar Majlis

Posted on 3 July 2009. Filed under: Ekonomi Islam |


Dari Ibnu Umar ra, dari Rasulullah saw bahwa Rasulullah saw bersabda, “Apabila ada dua orang melakukan transaksi jual beli, maka masing-masing dari mereka (mempunyai) hak khiyar, selama mereka belum berpisah dan mereka masih berkumpul atau salah satu pihak memberikan hak khiyarnya kepada pihak yang lain. Namun jika salah satu pihak
memberikan hak khiyar kepada yang lain lalu terjadi jual beli, maka jadilah jual beli itu, dan jika mereka telah berpisah sesudah terjadi jual beli itu, sedang salah seorang di antara mereka tidak (meninggalkan) jual belinya, maka jual beli telah terjadi (juga).” (Muttafaqun ‘alaih)

Dari Amr bin Syu’aib dari bapaknya dari datuknya bahwa Rasulullah saw bersabda, “Pembeli dan penjual (mempunyai) hak khiyar selama mereka belum berpisah, kecuali jual beli dengan akad khiyar, maka seorang di antara mereka tidak boleh meninggalkan rekannya karena khawatir dibatalkan.” (Shahih: Shahihul Jami’us Shaghir )

Dalam jual beli, Islam memberikan aturan yang jelas agar transaksi yang dilakukan dapat memberikan keridhaan atau tidak ada yang dirugikan antara kedua belah pihak, baik penjual maupun pembeli.

Dalam dua hadits di atas Islam memberikan aturan agar tidak kecewa baik pembeli maupun penjual mempunyai hak khiyar (memilih), apakah transaksi dilanjutkan atau tidak. Aturan ini dimaksud agar tidak ada yang kecewa, sehingga kedua-duanya sama tidak merugikan.

Hak khiyar di atas adalah khiyar majlis, yaitu hak khiyar selama salah satu belum berpisah dari tempat jual beli, apakah penjual atau pembeli. Jika keduanya sudah berpisah dan tidak ada kesepakatan lebih lanjut mengenai transaksi tersebut, maka keduanya dianggap telah melakukan transaksi. Begitulah Islam sangat melindungi kegiatan mu’amalah manusia, agar saling meridhai dan tidak ada yang dirugikan. Wallaahu a’lam. (zar)

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: