Nilai-Nilai Ekonomi Dalam Islam: Al-Qona’ah

Posted on 3 July 2009. Filed under: Ekonomi Islam |


Diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amru Al-‘Ash bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Telah berhasil orang yang masuk Islam dan diberi rizki secara cukup serta merasa cukup dengan apa yang diberikan Allah kepadanya.”

Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Pandanglah orang yang lebih rendah dari kalian, dan janganlah memandang kepada orang yang di atas kalian. Itu lebih pantas agar kalian tidak menutup mata terhadap nikmat Allah.” Abu Mu’awiyah menambahkan: “….atas kalian.”

Qona’ah, merasa cukup dengan apa adalah suatu sifat yang mahmudah atau baik. Tetapi kata qona’ah ini mudah untuk diucapkan oleh siapapun, namun sangat sulit untuk dipraktikkan dalam kehidupan yang fana ini.

Qona’ah bukan berarti kita tidak berupaya untuk mencari dan mengais rizki yang telah Allah sebarkan di berbagai penjuru dunia untuk hamba-hamba-Nya. Akan tetapi kita tidak mengada-adakan sesuatu yang memang belum dapat kita raih. Sekarang ini kan banyak yang mengupayakan dengan berbagai macam cara. Istilahnya adalah 3H, halal haram hantam terus. Sehingga menbarak rambu-rambu yang telah Allah SwT tetapkan.

Begitu pula dalam bermuamalah, dalam hal ini dalam melaksanakan aktifitas ekonomi Islam, sifat qona’ah juga harus diamalkan. Karena dikhawatirkan jika sifat qona’ah ini tidak diikutsertakan nilai luhur dalam ekonomi Islam akan tercemar dengan perbuatan-perbuatan yang menodai keluhuran ekonomi Islam itu sendiri.
Nah, mari kita mulai dari diri kita untuk selalu berupaya untuk mengamalkan sifat qona’ah dalam derap langkah kita. Mudah-mudahan Allah memberikan berkah dan rahmat kepada kita semua. Wallaahu a’lam. (Zar)

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: