Ini Lho Cara Menghipnotis Otak.

Posted on 18 July 2009. Filed under: INFO TERKINI |


hpno

Orang yang terpengaruh hipnotis bisa menggerakkan bagian tubuhnya tanpa sadar. Apa yang terjadi di otak saat terpengaruh hipnotis? Ilmuwan tahu jawabannya.

Hipnotis mempengaruhi bagian otak yang memproses pergerakan tubuh. Akibat dari hipnotis, bagian otak yang seharusnya memerintahkan pengerakan tubuh mengabaikan input dan malah mendengarkan perintah dari ahli hipnotis.

“Itu semacam pemotongan di wilayah otak,” kata Yann Cojan peneliti di University of Geneva di Switzerland.

Dia menulis penelitiannya di journal Neuron. Ia menggunakan scan otak untuk menunjukkan apa yang terjadi saat 12 sukarelawan yang sudah dipengaruhi hipnotis coba menggerakkan tangannya.

Hasilnya menunjukkan motor cortex sebelah kanan sudah mempersiapkan tubuh seperti biasa agar tangan kanan bergerak. Namun cortex nampaknya diabaikan oleh bagian otak yang biasanya berkomunikasi dengan pengontrol pergerakan dan malah berkomunikasi dengan bagian otak yang lain yang disebut precuneus.”Itu mengejutkan,” kata Cojan.

Padahal precuneus seharusnya berhubungan dengan hayalan dan ingatan. Cojan menduga gerakan didorong oleh bayangan partisipan berdasarkan gambaran yang diberikan oleh ahli hipnotis. “Misalnya saat disebut tanganmu terlalu berat dan menempel di kursi. Jika motor cortex terpengaruh dengan perintah itu, maka bagian itu tidak akan mengirim perintah agar bergerak,” kata Cojan.

Dr Richard Frackowiak pakar otak dari University of Lausanne di Swiss yang tidak berpartisipasi dalam penelitian itu mengatakan, hasil itu sebagai tambahan yang sangat berharga dalam penelitian hipnotis paralisis. [wir]
Sumber : Inilah.com

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

One Response to “Ini Lho Cara Menghipnotis Otak.”

RSS Feed for Selalu Berbagi di setiap waktu…..for DEWASA Comments RSS Feed

haloo


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: