Waspada Air Minum Kemasan Palsu

Posted on 27 July 2009. Filed under: INFO TERKINI |


090617sigi
Konsumsi air minum dalam kemasan terus meningkat tiap tahunnya. Dengan rata-rata konsumsi dua hingga empat liter air per orang setiap hari, diperkirakan konsumsi nasional tak kurang dari 12 miliar liter air per tahun. Untuk tahun ini saja, nilai bisnisnya bisa mencapai lebih dari Rp 9 miliar.

Celakanya, tidak sedikit pebisnis culas yang mengeruk untung dengan cara-cara tak bertanggung jawab. Memalsu air minum isi ulang maupun kemasan, misalnya. Setidaknya ada sekitar 270 perusahaan air minum dalam kemasan yang resmi terdaftar di Departemen Perindustrian. Sementara catatan Badan Pengawas Obat dan Makanan menyebutkan saat ini lebih dari 1.400 jenis air minum dalam kemasan yang beredar di pasaran.

Air minum dalam kemasan galon isi ulang cenderung lebih mudah dipalsukan. Mereka hanya bermodal galon bekas beserta tutupnya, segel plastik, tisu, dan sebuah alat pengering untuk memanaskan plastik segel. Sejauh ini produk air kemasan yang paling kerap diincar para pelaku adalah produksi pionir dalam bisnis ini.

Maraknya peredaran air minum kemasan maupun isi ulang palsu membuktikan pengawasan dan perlindungan konsumen di negeri ini belum sepenuhnya terjamin. Lantas, faktor apa yang menyebabkan para pelaku seolah tak jera? Bagaimana pula konsumen menyikapi dan mengantisipasi agar tak menjadi korban penipuan ini? Saksikan selengkapnya dalam tayangan video Sigi 30 Menit edisi 17 Juni 2009. Selamat menyaksikan.(ADO/ANS)
liputan 6.com

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: