Kemerdekaan 17 agustus

Posted on 3 August 2009. Filed under: INFO TERKINI |


b

Mumpung kita mendekati tanggal perayaan kemerdekaan negara kita yang memasuki usia 64 tahun, sebuah usia yang cukup lama untuk ukuran suatu negara.

Nah, jangan sampai ketika kita sedang gegap gempita, bersenang hati merayakan kemerdekaan itu, sekonyong-konyong seorang pembicara, entah siapa, dengan gagah beraninya mengatakan kalimat seperti ini;

“Saudara-saudaraku, marilah kita bersyukur atas kemerdekaan negara ini. Marilah kita cintai negara ini, sebagaimana agama kita mengajarkannya. Bukankah Nabi kita yang mulia telah berkata, cinta tanah air sebagian dari iman?”

Mungkin orang yang belum tahu tentang perkataan tersebut, akan mengangguk-angguk, tanda membenarkan bahwa Nabi kita telah mengatakannya demikian, namun bagi yang sudah mengetahuinya, akan mengernyitkan dahi kepalanya, lantas berkata:”Apa tidak salah???”

Ya, perkataan Cinta Tanah Air Sebagian Dari Iman, mungkin sebuah perkataan yang sudah masyhur, dan kebanyakannya menisbatkan kalimat ini kepada perkataan Nabi, namun ternyata jika kita menelaah beberapa kitab, akan kita dapati bahwa perkataan tersebut dimasukkan dalam kategori hadits yang derajatnya LA ASLA LAHU alias TIDAK ADA ASAL USULNYA.

Berikut ini adalah kutipan mengenai siapa saja yang mengatakan bahwa perkataan tersebut BUKAN hadits;

1. Dalam kitab Jalan Golongan Yang Selamat, karya Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu, dalam bab 42 mengenai Contoh Hadits Maudhu’ (palsu), maka di poin 6 beliau mencantumkan berikut ini;

6. Hadits maudhu’. Demikian menurut AI-Ashfahani: “Cinta tanah air adalah sebagian daripada iman.”

2. Dalam kitab Hadits-Hadits Dhoif dan Maudhu’ buah karya al ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat, beliau berkata:

Artinya; Cinta tanah air itu sebagian dari iman.

TIDAK ADA ASALNYA. Hadits diatas sama sekali tidak ada asalnya sebagaimana diterangkan oleh ulama-ulama hadits. Dan saya tidak ragu lagi bahwa riwayat diatas diPALSUkan orang atas nama Nabi Shallallahu alaihi wasallam demi menyebarkan paham “wathaniyyah” (kebangsaan) yang sangat bertentangan dengan ajaran Islam (Silsilah Adh Dhaa’ifah no 36).

Dua kitab diatas kebetulan saya mempunyainya, dan sebagai tambahan referensi dari dunia maya saya tambahkan keterangannya;

3. Syaikh Albani dalam kitabnya Silsilatu Ahaaditsu Ad-Dhaifah wal Maudhuah wa Atsarus Sayyi fil Ummah

”Mencintai tanah air sebagian dari iman”

Dinyatakan oleh Ash-Shaghani bahwa hadits ini maudhu’ (palsu).
Disamping itu, maknanya tidak benar, sebab mencintai tanah air sama dengan mencintai jiwa raga dan harta benda. Yang demikian itu hal naluriah bagi setiap insan dan tidak perlu diagung-agungkan, apalagi dikatakan termasuk sebagian iman. Kita dapat melihat bahwa rasa cinta tanah air ini tidak ada bedanya antara orang mukmin dengan orang kafir.

Hadits ke 36 dari kitab Silsilatu Ahaaditsu Ad-Dhaifah wal Maudhuah wa Atsarus Sayyi fil Ummah karya Syaikh Al-Bany, edisi terjemahan, Silsilah Hadits Dhaif dan Maudhu jilid-1, cetakan Gema Insani Press.

4. Lihat buku ” Al maqaasid Al Hasanah ” Oleh Imam Assyakhawi hal 188-189
5. Laisa minqaulin Nabiyyi Oleh Dr Muhammad Fuad Syakir hal 170
6. Syarh Riyaadhusshaalihiin Oleh Imam Zakariya Annawawi hal 1427
7. Kasyful khafaa wa maziilulilbaas amma isthara minal ahaadist ‘ala alsinatuninnaasi oleh Imam Al ‘Ajuulaani jilid 1 hal 308.

Jadi, rasanya sudah cukup komprehensif bahwa ulama-ulama diatas memasukkan perkataan “Cinta Tanah Air Sebagian Dari Iman” adalah perkataan yang bathil dan BUKAN HADITS dari Nabi Shallallahu alaihi wasallam, dan kita takut apabila membawakan suatu perkataan kemudian dinisbatkan kepada perkataan Nabi/hadits Nabi, dengan sebuah ancaman
dari Nabi sendiri;

“Barangsiapa yang berdusta dengan mengatasnamakan diriku, maka hendaklah ia bersiap-siap menempati tempat duduknya di neraka.”

( HR.Al-Bukhari dalam Al-`Ilm (110), Muslim dalam Al-Muqaddimah (3) dari hadits Abu Hurairah. Diriwayatkan pula selain ini lebih dari seorang sahabat)

Dan hanya ALLAH-lah sebaik-baik pemberi perlindungan.

Wallahu a’lam…

Sumber :
by syamsul for everyone
http://kuliahsyariah.multiply.com/journal/item/109

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: