Menyimak Cerita ‘Ya, Saya Noordin M Top!’

Posted on 10 August 2009. Filed under: INFO TERKINI |


“Ya, saya Noordin M Top,” begitulah pengakuan teroris dalam penyergapan sebuah rumah di Beji, Kedu, Temanggung, sebagaimana disiarkan sebuah stasiun televisi nasional. Entah siapa sumbernya, pernyataan itu sangat melegakan hari masyarakat. Apalagi belakangan dikabarkan bahwa sang teroris itu tewas di tangan petugas.

Namun publik yang berharap cemas atas sukses-tidaknya Densus 88 Antiteror melumpuhkan pria itu kemudian menjadi ragu. Benarkah orang yang disergap itu Noordin M Top? Pembuktiannya semestinya dibuat segamblang tayangan luar biasa itu.

Pengungkapan identitas korban kini justru menjadi pusat pertanyaan jutaan pemirsa. Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri mestinya juga memberikan penjelasan menyeluruh, ketika menyebutkan bahwa ratusan kilogram bahan bom yang ditemukan di Jatiasih, Bekasi, akan dipakai teroris untuk meledakkan Istana Negara dan rumah kediaman Presiden SBY di Cikeas.

Jika benar begitu, ini berarti lahir motif baru bagi kelompok Noordin yang selama ini hanya menyerang properti atau warga Amerika Serikat dan negara yang dianggap bersekutu dengan AS. Motif baru itu sekaligus menimbulkan pertanyaan baru, karena selama ini bukanlah tipikal teroris itu untuk menyerang orang per orang. Temuan lebih jauh di lapangan nanti diharapkan memecahkan misteri ini.

Penyergapan di Temanggung itu diyakini sebagian pihak, telah menewaskan buron kakap yang paling dicari polisi lebih dari tujuh tahun itu. Kuat diduga, orang yang tewas setelah serangan bom dan siraman peluru polisi itu adalah Noordin M Top, gembong teroris asal Malaysia.

Kalau benar, ini prestasi besar. Seorang yang bertanggung jawab atas serangkaian pengeboman di pelbagai tempat di Tanah Air, termasuk ledakan di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton Jakarta pada 17 Juli lalu, telah dilenyapkan.

Namun, Polri dan TNI bersama masyarakat haruslah bergegas mengantisipasi kemungkinan, jika ternyata jenazah di Temanggung itu bukan Noordin Top. Kami khawatir bahwa banyak Noordin lain yang menjadi penerus Noordin M Top itu. Kita tak boleh terlena. Ini baru satu tahapan dalam berbagai tahapan berikutnya dalam menghadapi aksi teror di republik tercinta kita.

Adang Daruri

adaruri@yahoo.com

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: